Rabu, 12 April 2017

Baso Aci Ceu Imas yang Fenomenal

Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung ke kota Garut dalam rangka menemani suami yang sedang bertugas di sana. Saat suami sedang bekerja, saya pun mengisi waktu dengan bepergian keliling kota Garut untuk mencari kuliner khas yang sedang nge-hits di kota tersebut. Karena belum terlalu hapal dengan trayek angkutan umum dan jalanan kota Garut saya pun minta ditemani oleh Ibu Marni penjaga kos-an.



Destinasi kuliner pertama saya adalah Baso Aci Ceu Imas. Awalnya saya diberitahu oleh seorang teman yang kebetulan memang asli orang Garut. Katanya saya wajib mencoba baso aci ini. Sebagai pecinta baso, saya pun jadi penasaran ingin mencoba. Saya langsung browsing mencari lokasi baso ceu Imas dengan mudah melalui google maps. Letaknya tidak jauh dari pinggir jalan raya, hanya saja kita harus menyusuri gang kecil untuk bisa sampai ke tempat ini. Untuk pengujung yang datang membawa kendaraan bermotor, kendaraan bisa diparkirkan dengan aman di pinggir jalan raya.



Bila sedang tidak ramai, sesampainya di sana kita bisa langsung memilih isian baso apa saja yang akan dinikmati. Tetapi saat jam makan siang, kita harus rela mengantri  karena keterbatasan tempat. Baso aci Ceu Imas itu sendiri terdiri dari banyak varian, ada baso sapi, baso urat, baso tahu, siomay, tulang iga, ceker dan baso aci. Aci berarti tepung tapioka dalam bahasa sunda. Kalau menurut saya, bbaso aci ini bentuknya persis seperti cilok. Saat disajikan, semangkuk baso ditaburi dengan potongan daging ayam. Bumbu pelengkapnya pun sudah tersedia di meja, seperti saos, sambal, kecap dan jeruk limo.


Baso Tahu

Siomay

Cilok

1 Porsi Baso Ceu Imas

Harga semangkuk baso tergantung isian yang kita pilih, rata-rata berkisar sekitar Rp. 25.000. Bagi saya cukup mahal untuk harga semangkuk baso, tapi porsi yang didapat pun cukup besar. Bisa di makan oleh dua orang. Tidak heran, pengunjung yang datang ke sini tidak saja orang Garut asli, tetapi juga dari luar kota seperti Yogya dan Jakarta. Mereka rela datang jauh-jauh demi menikmati semangkuk baso aci ceu imas.

Suasana tempat makan di warung Baso Ceu Imas





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baso Aci Ceu Imas yang Fenomenal

Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung ke kota Garut dalam rangka menemani suami yang sedang bertugas di sana. Saat suami sedang beker...